Tesis

Perbandingan Stratifikasi Risiko Penyakit Jantung Koroner Dengan Menggunakan Skor Kardiovaskular Jakarta Antara Pekerja Main Office dan Site Office di PT.”X” = Comparison of coronary heart disease stratification using Jakarta cardiovascular score between main office and site office workers at PT.”X” .

Perilaku sedentari, ditandai dengan adanya kegiatan dalam jangka waktu yang lama yang melibatkan duduk atau berbaring, telah dilaporkan terkait dengan adanya peningkatan risiko jantung dan pembuluh darah. Duduk lebih dari 10 jam sehari dibandingkan dengan duduk kurang dari 5 jam sehari dikaitkan dengan peningkatan risiko terhadap penyakit kardiovaskular. Tingkat permasalahan yang ada di perusahaan ini, karena dari hasil pemeriksaan berkala pada 1 departemen didapatkan angka yang cukup signifikan terhadap faktor-faktor risiko PJK. Sedangkan pada departemen lainnya tidak ada sama sekali penilaian terhadap faktor-faktor risiko PJK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat stratifikasi risiko PJK pada pekerja main office dan pekerja site dengan menggunakan Skor Kardiovaskular Jakarta, untuk masukan bagi manajemen perusahaan sebagai rekomendasi menggunakan skor tersebut untuk menilai risiko PJK pekerja, khususnya pekerja yang berada di main office. Metode penelitian menggunakan disain potong lintang dengan analisis komparatif. Hasil yang paling berhubungan dengan stratifikasi risiko kardiovaskular Jakarta adalah faktor risiko riwayat penyakit keluarga (p=0.021, OR=1334.3, dan 95% CI=147.1-12103.6)
Kata kunci : Skor Kardiovaskular Jakarta; Risiko kardiovaskular; Perilaku sedentary; Pekerja sedentari


The sedentary behaviour, characterized by long-term activities involving sitting or lying down, has been reported to be associated with an increased risk of cardiovascular disease. Sitting more than 10 hours a day compared to sitting less than 5 hours a day is associated with increased risk of cardiovascular disease.The underlying problems in this company, is that the periodic check results in one department obtained a significant number of risk factors for cardiovascular disease. While in other departments there is no assessment of cardiovascular disease risk factors. The purpose of this research was to determine the level of cardiovascular disease risk stratification using Jakarta cardiovascular score, as an input for company management to recommend using this score to assess workers cardiovascular disease risks, especially for workers in the main office. A cross sectional study was used as a design for this research, with comparative analysis. The most closely related result with cardiovascular risk stratification is a family history with cardiovascular disease (p=0.021, OR=1334.3, dan 95% CI=147.112103.6)
Keywords : Jakarta Cardiovascular Score; Cardiovascular risks; Sedentary behaviour; Sedentary worker

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Satria Guna Dharma - Nama Orang
Budhi Setianto - Nama Orang
Dewi S. Soemarko - Nama Orang

No. Panggil
T17437fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 77 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17437FKT17437fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Stratifikasi Risiko Penyakit Jantung Koroner Dengan Menggunakan Skor Kardiovaskular Jakarta Antara Pekerja Main Office dan Site Office di PT.”X” = Comparison of coronary heart disease stratification using Jakarta cardiovascular score between main office and site office workers at PT.”X” .

Related Collection